Sunday, July 13

mimpi dalam mimpi

so today, saya mengalami bermimpi dalam mimpi, seperti di film inception. jadi, saya mengalami mimpi tingkat dua, dimana di mimpi saya sedang tidur dan bermimpi. nah loh, bingung juga ya… ternyata fenomena ini ada istilahnya (dan bukan inception, itu mah judul film :]) so its name is lucid dream. setelah mencari di wikipedia, penjelasan lucid dream adalah:

Mimpi sadar (InggrisLucid dream) adalah sebuah mimpi ketika seseorang sadar bahwa ia sedang bermimpi. Istilah ini dicetuskan oleh psikiater dan penulis berkebangsaan Belanda, Frederik (Willem) van Eeden (1860–1932). Ketika mimpi sadar, si pemimpi mampu berpartisipasi secara aktif dan mengubah pengalaman imajinasi dalam dunia mimpinya. Mimpi sadar dapat terlihat nyata dan jelas
Sebuah mimpi sadar dapat muncul melalui dua cara. Mimpi sadar akibat mimpi (dream-initiated lucid dream; DILD) berawal sebagai mimpi biasa, dan si pemimpi langsung menyimpulkan bahwa ia sedang bermimpi, sementara mimpi sadar akibat terjaga (wake-initiated lucid dream; WILD) terjadi ketika si pemimpi pindah dari keadaan terjaga biasa ke keadaan bermimpi tanpa mengalami ketidaksadaran.
Mimpi sadar telah diteliti secara ilmiah dan keberadaannya sudah diakui.

saya sendiri sudah mengalami lucid dream berkali-kali, apalagi dulu waktu masih sekolah. sejujurnya lucid dream ini agak merepotkan. saking nyatanya, kita sendiri malah berasumsi bahwa kita sudah bangun dan melakukan aktivitas biasa, ternyata itu masih mimpi. jadi telat berangkat sekolah waktu itu… :[

nah, cerita salah satu mimpi saya semasa sekolah dan yang paling sering saya alami. intinya, saya tidak terlalu ingat tentang mimpi tingkat dua saya itu apa, yang jelas waktu itu saya seakan-akan sadar bahwa saya harus bangun dan bersiap-siap sekolah. nah, dari mimpi tingkat dua itu saya bangun, tapi belom bangun sepenuhnya, baru bangun di mimpi tingkat pertama. DAN INI SANGAT MEREPOTKAN, HAHAHA. di mimpi tingkat pertama (yang saya kira waktu itu sudah berada di dunia nyata), saya sedang bersiap-siap sekolah. nah, keliatan nyata sekali kan? jadi kita itu seperti bisa mengendalikan mimpi, apa sih yang sebenarnya kita mau lakukan. dan bangunnya ke dunia nyata nya itu sulit sekali.. :[  waktu itu entah apa yang bisa membuat saya kembali ke dunia nyata, hahaha. dan saya langsung seperti orang bingung. i was wondering "ini masih mimpi apa udah nyata yah.." ya gitu lah, dan saya jadi bangun telat >:o syial… gara-gara mimpi lagi siap-siap sekolah, kirain uda beneran siap dan tinggal berangkat, ternyata itu masih mimpi tingkat pertama dan harus bangun lagi -_- beneran deh, terasa nyata sekali.

itulah, mimpi yang paling sering saya alami.

kalau yang semalam itu mimpi konyol: kebelet buang air kecil. jadi di mimpi tingkat dua, saya ini sedang kebelet, waktu sudah di kamar mandi, saya kebangun di mimpi tingkat satu, eh di mimpi yang ini saya ceritanya lagi bangun dari mimpi dan kebelet pipis juga, nah waktu sudah di kamar mandi di mimpi tingkat satu, saya mikir "ini masih mimpi apa udah bangun???" akhirnya saya nyubit tangan sendiri dan… tidak sakit -_- berarti fix masih di alam mimpi. akhirnya bangun deh. hahaha. dan memang kebelet beneran -_---" 

told ya, lucid dream ini agak merepotkan, tapi seru :D
btw untuk bisa lucid dream ini saya ga melakukan cara apa-apa, karena di website banyak sekali cara untuk bisa melakukan lucid dream. semua lucid dream yang saya alami sepenuhnya mendadak :]

No comments:

Post a Comment