Wednesday, December 31

Selalu bingung dan tidak mengerti mengapa sebuah kesalahan bisa menutup banyak kebaikan yg telah diperbuat, like, are u fuckin kidding me? 
Masalah kecil yang sangat dibesar2kan.
I don't know with that. Kenapa sih, gak bisa berbuat adil?

Monday, December 22

Rancu

Satu semester sudah terlampaui. Studi ku di tempat baru berjalan lancar.
Ada sebuah mata kuliah yang menurut saya 'paling susah'.
Gambar Arsitektur dan Estetika Bentuk.
Ya, tidak 'sebuah' lagi, hehe.
Gambar arsitektur. Disini kami banyak melakukan gambar freehand daripada gambar teknik. 
Estetika bentuk. Memahami keindahan dimulai dari titik, garis, bentuk dua dimensi, hingga tiga dimensi.
Sulit, karena disini mulai bermain penilaian 'subjektif'.
Keindahan adalah hal yang subjektif. Keindahan tidak hanya dideskripsikan oleh satu orang, karena hanya orang yang peka dengan rasa yang dapat menikmatinya. 
'Tidak ada yang salah dengan desain.'
Desain adalah sesuatu yang bebas. Lalu pertanyaan saya, bagaimanakah seorang pengampu menilai hasil kerja dari muridnya, dimana keindahan dan estetika adalah suatu hal yang subjektif?
Sebuah pertanyaan yang masih membingungkan saya hingga di penghujung semester.

Saturday, November 22

People said:
"Night conversation means a lot. It tells the truth."
I miss you.

Saturday, November 15

Just a Lil Message.

Everytime i say i miss you, i always mean it...

Thursday, August 28

Gatau

I dont know how time could change someone to be unknown. So long since the last time i talked to him. Everything was so fine until that time took his warm side. He's no longer kind and see me as his friend. I don't know, it's like i did something that made him mad, but i really don't know what i'd done. People said that time heals everything but, many years have passed and it still hurts me.

Kehilangan bisa sesakit ini.
Eventho we're ONE cm away but it feels like you're in another space. Jauh dan tidak terkejar. Sedih? Iya. Sedih banget but who am i? 

Sorry not sorry

Monday, August 25

2014's shit.

2014 teaches me how to believe in destiny that god has created. He gives me what i need, not what i want. Today, i'm a more-grateful-human, learning to accept this kind of thing. Tidak mudah untuk saya, menerima semuanya, but I have to understand, inilah saatnya saya untuk belajar ikhlas.
Jadi, inikah yang disebut orang sebagai takdir? Hahaha. Menyingkirkan rasa 'ingin' yang sudah lama menggumpal, demi menghadapi apa yang seharusnya saya terima.
Ikhlas. I'm still learning.

Saturday, August 9

at least, we're still staring at the same sky and the same moon.
that makes me feel like we're so close.
meski jarang yang terbentang between us isn't that far
i can't see you.

Wednesday, August 6

call me 'manusia paling tidak bisa bersyukur' today.
honestly, i feel like saya masih gelo dan sedih karena belum bisa mencapai target fakultas tahun ini. i'm sad. bukan gelo karena tidak bisa mencapainya, namun lebih ke gelo karena ibu saya. alasan klise, bilang saja karena kamu memang sedih karena dirimu sendiri. ya itu salah juga salah satunya. kalau orang lain bisa, kenapa saya tidak bisa menembus pilihan pertama tahun ini?
masih gelo sampai terbawa mimpi.
dan saya merasa, kenapa saya tidak bisa dengan mudah ikhlas, rela dan memulai mimpi yang baru lagi?
sempat merasa, apakah saya terlalu ambisius?
is this the best, or Tuhan pun masih ingin menguji ketangguhan saya tahun depan?
i don't know. i just don't know…

Thursday, July 17

It scares me.

bismillahirrahmanirrahim
alhamdulillah, selamat datang di teknik arsitektur, universitas diponegoro for me. bisa lolos di jalur sbmptn (for me) is a huge miracle. yep, you know that. soal sbmptn yang tidak pernah mudah untuk dikerjakan. butuh waktu untuk mencerna soal terlebih dahulu dan mengerjakannya. waktu yang terbatas namun soal yang ada pun juga banyak & sulit. s b m p t n. it's an admission, not evaluation. i'm so grateful that i'm in. my best friends (duena and megy) were in too! but it aint complete, my another sisters, bella agri and pipit belum beruntung di sbmptn. dont worry bitches, berjuang dan semangat, jangan lupa selalu berdoa, semoga UM adalah jalan kalian. aminnn! at the end - nobody cares lewat jalur apa kalian lolos di universitas masing-masing. nobody cares if you're from snmptn, sbmptn, atau ujian mandiri, karena pada akhirnya kita akan menjadi mahasiswa di tingkat yang sama.
it feels sooo bad… when you passed but teman-teman baikmu ada yang belum beruntung. ya rasanya sedih, ada yang kurang, mau senang juga ga enak.
but sometimes when im about to sleep, i always think 'apakah pilihan ku sudah tepat? is it the best for me?' yep, kekhawatiran dan takut salah memilih jurusan kadang masih mengendap. i'm scared. i'm still scared, a lil bit.
dulu kakak kelas saya pernah bilang 'kalo bisa, aku mau jadi anak sma selamanya.' shit… setuju sekali. sekolah, memakai seragam, berangkat jam enam pagi pulang jam dua siang adalah kegiatan yang melelahkan but fun. school is were we studying, playing, learning about how friendship is, enemy, and so on… 14 years for school isnt enough. dulu sering sekali berpikir 'kapan ya jadi mahasiswa yang bisa pakai baju bebas', and i realize, the best time of my life is when i'm wearing my uniform.
i just dont know how.
im not ready to be collegian.
i dont wanna be an adult.
please lemme be a teenager forever :.)

Sunday, July 13

mimpi dalam mimpi

so today, saya mengalami bermimpi dalam mimpi, seperti di film inception. jadi, saya mengalami mimpi tingkat dua, dimana di mimpi saya sedang tidur dan bermimpi. nah loh, bingung juga ya… ternyata fenomena ini ada istilahnya (dan bukan inception, itu mah judul film :]) so its name is lucid dream. setelah mencari di wikipedia, penjelasan lucid dream adalah:

Mimpi sadar (InggrisLucid dream) adalah sebuah mimpi ketika seseorang sadar bahwa ia sedang bermimpi. Istilah ini dicetuskan oleh psikiater dan penulis berkebangsaan Belanda, Frederik (Willem) van Eeden (1860–1932). Ketika mimpi sadar, si pemimpi mampu berpartisipasi secara aktif dan mengubah pengalaman imajinasi dalam dunia mimpinya. Mimpi sadar dapat terlihat nyata dan jelas
Sebuah mimpi sadar dapat muncul melalui dua cara. Mimpi sadar akibat mimpi (dream-initiated lucid dream; DILD) berawal sebagai mimpi biasa, dan si pemimpi langsung menyimpulkan bahwa ia sedang bermimpi, sementara mimpi sadar akibat terjaga (wake-initiated lucid dream; WILD) terjadi ketika si pemimpi pindah dari keadaan terjaga biasa ke keadaan bermimpi tanpa mengalami ketidaksadaran.
Mimpi sadar telah diteliti secara ilmiah dan keberadaannya sudah diakui.

saya sendiri sudah mengalami lucid dream berkali-kali, apalagi dulu waktu masih sekolah. sejujurnya lucid dream ini agak merepotkan. saking nyatanya, kita sendiri malah berasumsi bahwa kita sudah bangun dan melakukan aktivitas biasa, ternyata itu masih mimpi. jadi telat berangkat sekolah waktu itu… :[

nah, cerita salah satu mimpi saya semasa sekolah dan yang paling sering saya alami. intinya, saya tidak terlalu ingat tentang mimpi tingkat dua saya itu apa, yang jelas waktu itu saya seakan-akan sadar bahwa saya harus bangun dan bersiap-siap sekolah. nah, dari mimpi tingkat dua itu saya bangun, tapi belom bangun sepenuhnya, baru bangun di mimpi tingkat pertama. DAN INI SANGAT MEREPOTKAN, HAHAHA. di mimpi tingkat pertama (yang saya kira waktu itu sudah berada di dunia nyata), saya sedang bersiap-siap sekolah. nah, keliatan nyata sekali kan? jadi kita itu seperti bisa mengendalikan mimpi, apa sih yang sebenarnya kita mau lakukan. dan bangunnya ke dunia nyata nya itu sulit sekali.. :[  waktu itu entah apa yang bisa membuat saya kembali ke dunia nyata, hahaha. dan saya langsung seperti orang bingung. i was wondering "ini masih mimpi apa udah nyata yah.." ya gitu lah, dan saya jadi bangun telat >:o syial… gara-gara mimpi lagi siap-siap sekolah, kirain uda beneran siap dan tinggal berangkat, ternyata itu masih mimpi tingkat pertama dan harus bangun lagi -_- beneran deh, terasa nyata sekali.

itulah, mimpi yang paling sering saya alami.

kalau yang semalam itu mimpi konyol: kebelet buang air kecil. jadi di mimpi tingkat dua, saya ini sedang kebelet, waktu sudah di kamar mandi, saya kebangun di mimpi tingkat satu, eh di mimpi yang ini saya ceritanya lagi bangun dari mimpi dan kebelet pipis juga, nah waktu sudah di kamar mandi di mimpi tingkat satu, saya mikir "ini masih mimpi apa udah bangun???" akhirnya saya nyubit tangan sendiri dan… tidak sakit -_- berarti fix masih di alam mimpi. akhirnya bangun deh. hahaha. dan memang kebelet beneran -_---" 

told ya, lucid dream ini agak merepotkan, tapi seru :D
btw untuk bisa lucid dream ini saya ga melakukan cara apa-apa, karena di website banyak sekali cara untuk bisa melakukan lucid dream. semua lucid dream yang saya alami sepenuhnya mendadak :]

Tuesday, July 8

Pemilu 2014

Bismillahirrahmanirrahim
H-1 pemilihan presiden di Indonesia. Saudara-saudara kita yang berada di luar negeri sudah memberikan hak pilihnya. Besok, giliran kita! 
Yak, akhirnya, pemilu juga. Banyak sekali pendukung capres-cawapres di sosial media yang mati-matian mendukung, dan tak sedikit yang merembet ke kampanye negatif yang cukup membuat saya pusing. I mean, dukung mah dukung aja gausah sampe segitunya ah, got it? Tapi ya apa boleh buat, siapa sih saya ini, dibandingkan banyaknya orang yang melakukan negative campaign di sosial media? Hahaha.
Bukannya saya sok suci dan mau menasihati. Saya, sebagai orang biasa yang berada di sudut Indonesia ini malah melihat pemilu kali ini cukup membuat sebagian rakyat Indonesia terpecah menjadi dua kubu; pendukung si nomor satu dan pendukung si nomor dua. People, what's wrong with you? 
Pemilu kali ini pun menyadarkan saya bahwa: Satu kejelekan cukup menutupi kebaikan seseorang, sebanyak apapun itu.
Tidak percaya?
Yaaaah cukup dilihat, pendukung nomor satu yang menjelek-jelekkan si nomor dua, bahwa beliau tidak pantas menjadi orang nomor satu di Indonesia, karena kepiawaiannya dalam berbahasa Inggris termasuk kurang, dan menjadi masalah nantinya untuk melakukan kerjasama Internasional dengan negara lain. Memang betul, saya juga lumayan setuju dengan fakta ini. Namun, di lain sisi, kita dibutakan. Lupakah kalian, si nomor dua ini masuk dalam jejeran pemimpin terbaik kelas dunia?
Contoh lain, pendukung nomor dua yang menjelek-jelekkan si nomor satu, bahwa beliau memiliki catatan hitam (kejadian tahun 1998, siapa sih yang tidak tahu?). Sudah, hal itu yang dijadikan senjata oleh pendukung si nomor dua. Mereka bilang, bila si nomor satu ini jadi presiden, nanti rakyat dibayang-bayangi kejadian tahun 1998: rusuh, penculikan, dsb. Nah, di sisi lain, ternyata di nomor satu ini telah berhasil menyelamatkan 300 TKW. Bayangin loh, menyelamatkan 300 TKW. Mulia? Iya. Sekali!
Masing-masing capres-cawapres pastinya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal kita aja nih, rakyat Indonesia, siap ngga menerima kekurangan dari si capres? Saya yakin, siapapun capresnya, pasti akan membawa Indonesia menjadi lebih maju. Potensi dari si nomor satu dan nomor dua pun lumayan menjanjikan. :)
Bismillah, semoga pilihan rakyat besok adalah yang terbaik!

Sunday, June 29

when i miss you
i feel like, the only thing i could do is just to be sad
we're so close, yet so far...

Wednesday, June 25

people come and go.
tapi orang yg bener-bener tulus berteman dengan kita ga akan pernah mencoba untuk pergi bagaimanapun situasi nya. i was like, all of the togetherness yang pernah aku alamin, it's all fake. kayak, 'yeaaayyy i love you all' tapi stelah itu bubar ga ada lagi that togetherness. itu bukan kebersamaan, kalau hanya sesaat :) kebersamaan lasts forever.
everybody is busy with their own business. including me i guess.


Saturday, June 7

High School is Over

lebih dari 300 anak dari berbagai smp berkumpul dalam sebuah ruangan di sma negeri 1 semarang untuk mengikuti masa orientasi siswa. berjalan dengan segan di hadapan para senior, menyapa dengan hati-hati agar tidak diberi predikat 'junior banyak gaya', duduk dalam aula besar dan mengikuti arahan para senior.
tidak terasa, itu sudah tiga tahun yang lalu. baru saja tadi malam, #smansasemarang14 mengikuti acara megah yang tiap tahun diselenggarakan. promnight.
aula besar dan koridor disulap sedemikian rupa oleh panitia dan pihak dekorasi sehingga kesan old school tergantikan dengan kesan megah yang tidak berlebihan. sentuhan lembut dari bunga dan vintage lamp yang berdiri di samping menambah semangat kami untuk segera mengikuti acara yang sangat kami tunggu-tunggu. ditambah lagi gorden merah yang terbentang di sepanjang koridor yang sudah ditempeli foto-foto aib dan unik dari teman-teman, menambah kesan 'tidak ingin lepas dari sma' menggantung di kepala kami. sesampainya di aula besar, lagi-lagi kami hanya dibuat kagum dengan dekorasi yang indah. gila! pikir kami saat itu.
setelah menunggu teman-tema yang lain datang dan mencari tempat duduk, kami mengikuti acara dengan suka cita, tertawa bersama teman sekelas dan teman sepermainan semasa SMA. membicarakan hal hal konyol yang telah kami lalui selama tiga tahun ini. melewati lima jam bersama, dengan talent-talent yang siap menghibur kami, diakhiri dengan dance floor. 
ya, se-istimewa itulah acara closing masa sma tadi malam. bukan seberapa bagus acara ini diselenggarakan. namun bagaimana kami menghargai waktu kami dengan teman-teman sma.
beratus-ratus siswa dari berbagai smp ini telah menyatu menjadi satu almamater di sma 1 semarang. sekolah borju, suka pamer materi, mereka bilang. no, baby. sma 1 semarang adalah sekolah dengan banyak tradisi, solidaritas yang luar biasa, serta senioritas. hahaha. hal ini tidak dapat disangkal lagi.
hampir 400 siswa mengisi bangku kelas 12 tahun 2013-2014 ini. berjuang bersama melewati banyak ujian, try out, dan momok-momok lainnya. bersama-sama. berhasil mengangkat nama almamater. menaikkan peringkat, walaupun belum menjadi yang nomor satu di kota ini. 
sma 1 semarang, telah mengajarkan kami banyak hal untuk kehidupan yang akan datang. solidaritas, cara mencari uang, mengadakan acara besar, berpikir cepat. sma 1 semarang, adalah tempat yang tepat untuk para calon orang sukses di masa depan (amin!). memang, kami nakal. memang, kami kadang menyebalkan. memang, kadang kami mencari masalah. tapi, bukankah itu semua adalah salah satu tahap untuk mencapai apa arti kedewasaan yang sesungguhnya?
lagipula
sma hanya belajar saja, bukan sma namanya :)
dan, smansasemarang14. angkatan yang terdiri dari manusia-manusia luar biasa, memiliki kelebihan masing-masing, perbedaan yang menjadikan kami satu. 
sma satu semarang.
sekolah terbaik yang pernah saya temui.
dan saya bangga telah menjadi salah satu bagian darinya.
sukses untuk rekan-rekan smansasemarang14, i'll see you on the top!


halo.
hehehe. sedang hilang arah dan tidak tahu harus menulis apa disini.
sedikit cerita saja.
dalam sebuah kelompok, selalu ada satu orang yang tidak disenangi. selalu ada satu orang yang annoying dan lebih baik tidak termasuk dalam kelompok tersebut saja. sometimes i feel.. orang itu adalah saya sendiri. ada sebuah hal yang membuat saya berpikir bahwa, saya lah yang menjadi disaster itu. merasa bersalah sudah pasti. tapi untuk mengungkapkan, saya rasa sudah terlambat, dan saya pikir mending disimpan saja sendiri. hehehe. membawa beban tersendiri yang harus disimpan dan tiap kali mengingatnya saya jadi gelisah dan tidak enak sendiri.
some of you might don't know sebenarnya apa sih inti dari curahan keluh kesah saya hari ini. cie. hahaha. apaan sih.
gatau lagi, harus apa dan bagaimana...

Tuesday, May 6

Ujan Nasional pt 1

ujian nasional memang telah menjadi momok berat bagi siswa tingkat akhir di smp dan sma. ujian yang satu ini memang sudah jadi sebuah 'tantangan' untuk lulus ke jenjang berikutnya. selain itu, ujian nasional juga dijadikan sebagai pandangan, apakah sekolah tsb bagus atau tidak. jadi menurut saya, ketika ujian nasional tiba, yang stress tidak hanya murid saja. namun guru juga ikut stress… dan si pembuat soal pasti sedang tertawa sambil kipas-kipas melihat guru dan siswa di seluruh indonesia stress menanti soal buatan dirinya.

namun di tahun 2014 ini, ujian nasional makin menuai banyak komentar, dan hampir 90% semua komentar tsb adalah komentar miring dan dalam bentuk protes. yap, setelah ditelusuri, ternyata ujian nasional tahun ini berpacu pada PISA (programme of international student assessment), yang mana berarti soal tersebut mengacu pada standar internasional. wow! sounds good. sepertinya si menteri pendidikan ini ingin sekali pendidikan di negara indonesia maju dan setara tingkat internasional.

tapi bodohnya, saking semangatnya si menteri pendidikan menyelenggarakan ujian nasional berstandar internasional, beliau tidak sadar bahwa beliau belum melakukan sosialisasi untuk siswa di indonesia. dan celakanya, guru-guru di sekolah mana pun pasti sudah mempersiapkan murid mereka untuk mengikuti ujian nasional dengan latihan-latihan soal yang mengacu pada UN tahun-tahun sebelumnya.

dan celakanya lagi, mana ada soal-soal internasional di UN tahun sebelumnya? tidak ada.

banyak guru dan bimbel yang optimis bahwa, 'pasti UN tahun ini mirip-miriplah dengan UN tahun lalu.' sehingga mereka dengan semangat mem-fotokopi soal latihan yang mirip-mirip dengan UN tahun lalu. dengan jumlah yang sangat banyak. dan kebanyakan hanya diganti angkanya saja.

dan lebih celakanya lagi, siswa siswi disini, pastinya hanya mengandalkan soal latihan yang diberikan oleh guru dari masing-masing sekolah, atau soal TO dari bimbel, atau download di website edukasi (yang saya lihat, soal mereka tidak jauh beda dengan UN tahun sebelumnya).

sehingga ketika ujian nasional tiba, ketika membaca soal demi soal yang telah tercetak…

nangis dalam hati.

ok, itu saya yang nangis dalam hati.

membaca satu soal yang sulit, jujur, sudah membuat mental saya down terlebih dahulu. mencoba untuk mengerjakan soal yang lain, ternyata sama saja sulitnya. mental yang sudah down tersebut, kembali down lebih jauh lagi. ya, sebagai siswa yang mengandalkan latihan soal dari guru, kumpulan soal yang telah saya beli di sebuah toko buku dengan harga nyaris mencapai seratus ribu, download berpaket-paket soal dari website edukasi, ya saya tentu tidak siap dengan soal semacam itu. i wish it wasn't only me.

memang salah saya, yang tidak belajar lebih dalam lagi. memang, saya mengerti, bahwa ilmu itu sangat luas dan tidak terbatas. 

si menteri pendidikan pun pasti juga akan menyalahkan siswa-siswa indonesia yang protes tiada henti. pasti beliau berpikir, dengan bahagianya, 'yeeeee salah siapa ga belajar? emangnya tiap tahun soal un mau sama aja tipenya? kagak lah yauuu.'

i can't blame anyone.

we can't blame anyone.

but, menteri pendidikan pun tidak bisa menyalahkan kami juga.

belum selesai dengan masalah ujian nasional tingkat SMA-sederajat, muncul kontroversi, ujian nasional tingkat SMP pun memiliki masalah. dengan berisi 5% soal mengacu pada PISA.

and i get contoh soalnya, di twitter. which is… like this:


mari kita hiraukan bahwa si pembuat soal yang dengan sengaja membuat soal yang sama persis dengan PISA. mari kita cermati soalnya.

sebenarnya, itu soal yang 'agak' mudah bila kita dapat sedikit menganalisis. tapi saya berani jamin, ketika adik-adik SMP menemukan soal ini pasti otomatis berpikir, 'lah, soal apa nih? pake rumus apaan? mau pake rumus phytagoras tapi yang diketahui cuma satu sisi doang? ini apa lagi kok ada sudut-sudutnya??' hehe. bismillah, semoga benar. jadi, dari sudutnya terlihat bahwa ada sudut 90 dan 45, jd otomatis sudut yang satu lagi juga 45, karena jumlah sudut dlm segitiga itu 180. karena terdapat dua sudut yang sama, berarti inshaa allah dapat dipastikan segitiga itu sama kaki. nah, kalo sudah sampai sini, inshaa allah sudah dapat mencari panjang tali. eh bener gak sih kayak gini ngerjain soalnya.. -_-

memang agak ribet sih, hanya butuh mengerti konsep dasar dan analisis.

nah, disinilah letak kelemahan siswa disini, termasuk saya. lemah di analisis dan konsep dasar! saya ikut bimbel yang terkenal dengan 'bagaimana mengerjakan soal dengan praktis dan cepat'. memang benar, dengan cara cepat tsb saya bisa mengerjakan soal dengan cepat dan akurat. TAPI, kita tidak tahu konsep dasarnya, sehingga saat kita menemui soal yang butuh analisis seperti ini, kita kelimpungan.

padahal, saya dulu pernah mengerjakan soal ICAS, ya semacam soal internasional juga. tipe soal nya bukan yang, tersedia ini itu, tinggal pakai rumus, done, selesai. bukan seperti itu. kita harus pintar mengkhayal, mengerti konsep dasar, dan da boooommm kita bisa mengerjakan soalnya.

sangat berbeda. indonesia masih jauh dengan kata pendidikan internasional.

dan saya tidak tahu harus menyalahkan siapa, atas hal seperti ini.

sebenarnya saya mau menulis lebih banyak lagi, but, dipotong dulu saja hehe. akan saya lanjutkan besok.

bersambung.
haha.



Monday, May 5

Nanti Kalau Sudah Besar Mau Jadi Apa?

aku ingat betul, saat aku masih sebagai anak TK, my teacher asked me mau jadi apa saat nanti sudah dewasa. saat itu, aku yang masih polos tentu menjawab, "mau jadi dokter, bu guru." dan guruku hanya tersenyum dan menatap anak didiknya dengan puas. 

saat masih kanak-kanak, menjawab cita-cita seakan sudah menjadi pertanyaan sehari-hari dan tidak perlu waktu panjang untuk menjawabnya. tapi rupanya sekarang sudah berubah. menjawab pertanyaan, "emang cita-cita kamu sebenernya apa, sih?" takes forever. it takes forever! yes. i really mean it. 

rasanya, membedakan apa cita-cita saya yang sebenarnya dan cita-cita orang tua terhadap saya sudah cukup susah. aku tidak bisa membedakan, mana yang cita-citaku, dan mana yang cita-cita orang tua. ya, begitu. jadi tidak heran apabila saya masih menjawab, "nggg gatauuu deeeeh." saat ditanya orang-orang apa cita-cita saya.

namun, mengingat keinginan saya waktu TK dulu untuk menjadi dokter…
bukannya benci untuk menjadi dokter. bukannya aku tidak mau. siapa sih, yang tidak mau menjadi dokter? beribu-ribu orang mengejar profesi itu. segala cara ditempuh, demi menjadi dokter. rela bersaing ketat untuk memperebutkan satu kursi fakultas kedokteran, pendidikan dokter. but, i really don't know, what profession will i take soon. 

menjadi dokter, menurut saya adalah sebuah kehormatan. merelakan waktu untuk membantu orang lain. nyawa memang urusan tuhan. namun, dokter seakan ikut mengambil alih apa yang sudah dikehendaki tuhan tsb. aku ingin menjadi salah satu dokter yang diharapkan orang-orang untuk dapat membantu menyembuhkan mereka. aku juga ingin, bekerja di klinik/rumah sakit dan menjadi andalan orang ketika terjadi sesuatu dengan tubuh mereka. tapi yang paling aku inginkan saat ini adalah, melihat orang tua aku, terutama ibu, melihat anaknya memakai jas dokter sama seperti yang beliau kenakan. memiliki profesi yang sama dengan mama, that's happiness. meneruskan profesi mama. 

lagipula, orang tua mana yang tidak bangga melihat anaknya lolos ke jenjang pendidikan dokter?

klise. menurut aku, semua prodi dan fakultas itu membanggakan. 

apapun profesi yang aku ambil nanti, semoga aku suka, dan diridhoi orang tua. halal, dan dapat membawaku menuju gerbang kesuksesan.

sukses ada di tangan aku, ya aku tau.

Friday, May 2

sudah bertahun-tahun berlalu.
you don't miss the people.
you miss the situation.
terkadang, kita salah mengartikan.
when we say 'i miss you', kita tidak selalu mengartikan 'ok i really miss you.'
sometimes, we miss the situation and it feels like we wanna do that again. trapped in the same situation.
banyak, orang mengatakan 'i re-read our conversation when i miss you.'
really? you miss the person or you wanna have a conversation like that again?
atau bahkan, we even fall with another person but you feel like, tidak mungkin untuk memiliki perasaan yg sama with another person like you did in the past.
people are confusing.
people wanna move, quickly, but when they've met 'that' person, people think 'is he/she really the one? pengganti yang tepat?' and dengan sok-tahunya people think 'tidak mungkin menemukan pengganti secepat ini.' pdhl he's totally the right choice.
is it people, or it's just me?
hahahahahahhaa.

Friday, March 14

L o v e

Cinta adalah suatu perasaan yang positif dan diberikan pada manusia atau benda lainnya. Bisa dialami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa. Perkataan sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. (sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Cinta)

sebagai seorang remaja berumur 17 tahun menuju 18 tahun, cinta bukanlah sesuatu yang tabu. bahkan untuk anak sd masa kini, cinta seakan-akan telah menjadi omongan pokok. curhat-curhatan dengan teman tentang patah hati, kangen dengan seseorang namun tidak dapat berbuat apa-apa, menyayangi seseorang yang sudah disahkan menjadi milik orang lain dengan perjanjian "kamu mau gak jadi pacarku?" ala-ala anak muda. yah, intinya sih hal seperti itu bukan hal tabu dan hal asing lagi bagi kita. jujur saja, pasti setiap ada waktu bermain dengan teman-teman sepermainan kalian, topik cinta ini terselip bersamaan topik-topik lainnya.

menyayangi seseorang itu sederhana. tidak ada alasan yang mendasari mengapa kita dapat mengeluarkan statement 'sepertinya, saya mulai menyayangi dia'. it happens, and just happens. beberapa orang dan bahkan beberapa penulis ternama pernah menuliskan 'cinta itu tidak butuh alasan, karena ketika alasan itu pergi, cinta itu pun akan pergi bersama dengan alasan.' dalam beberapa bukunya. terkadang, kita memandang bahwa menyayangi seseorang itu tidak sesederhana saya menyebutkannya. please, human. love isn't hard. WE make it hard. TIME makes it hard. DISTANCE makes it hard. keadaan membuatnya tidak sederhana.

pernah mendengar: menyayangi orang yang tepat, namun tidak di waktu yang tepat? hahaha. ya, pasti pernah. kalimat ini sering dikeluarkan dari mulut mereka yang mengalami patah hati akut karena that person yang sangat pas dan klop di hati, namun ternyata ia telah memiliki seorang pasangan. itulah, menyayangi orang yang kita rasa tepat, namun kalah timing dengan wanita/lelaki lain. ngenesnya, mereka hanya punya dua pilihan: menunggu, dan menunggu, haha tidak, namun menunggu atau move on ke lain hati.

pernah mendengar: i love you, but distance separates us? kalimat yang paling sering dikeluarkan bagi mereka para pejuang long distance relationship. orang-orang yang mengagungkan cinta mereka namun hanya bermodal percaya, berharap pasangan mereka tidak berbuat macam-macam selagi mereka berada di puluhan/ratusan kilometer jauhnya. padahal nih, yang satu sekolah aja masih bisa dikhianati, bagaimana yang beda sekolah? beda kota? beda provinsi? beda pulau? beda negara? believe. percaya. semoga pasangan mereka tidak sedang make out dengan yang lain :))

pernah mendengar: i love you, even your lies? mencintai seseorang, dan mencintai kebohongannya. seberapa sering ia berbohong, namun mereka tetap percaya, ehm lebih tepatnya berusaha percaya. seperti "maaf aku ngantuk, aku tidur duluan ya sayang" tapi ternyata ia sedang telfonan dengan yang lain. atau seperti "maaf aku lagi ga enak badan, jalan sama kamunya diundur lusa gapapa kan sayang?" dan ternyata ia telah membuat janji dengan selirnya. it hurts. love hurts. that's i love you, even your lies. hahaha… sakit. memang sakit. tapi setidaknya ia telah menjadi milik mereka. dan mereka merasa cukup… 

"you lied straight to my face, looking in my eyes, and i believed you cause i loved you more than life."

pernah mendengar: "i hate you but your 'hi' puts all the loves back in me"? pernah kah? atau jarang? wajar kok, i just made that. hehehe. membingungkan, bagaimana mendeskripsikan apa yang kita rasakan kepada seseorang. rasanya tidak pantas untuk menyayangi mereka yang telah berbuat sedemikian rupa, semena-mena, atau apalah namanya, PHP? hahaha. bukan. bukan begitu. rasanya memang benci untuk mengingat bahwa i'm fooled by your tricks, sebegitu mudahnya kah bagi seorang wanita untuk jatuh cinta, dan sebegitu mudahnya kah bagi seorang lelaki untuk menjatuhkan hati wanita yang telah melambung? berharap bahwa hati nya akan segera berlabuh. sangat naif. 

pernah mendengar: i love you, but our way is to be separated. jalan kita memang tidak begini. berpisah, mungkin yang terbaik. mungkin apabila terus dipaksakan bersama, tidak akan baik. berpisah. menjadi sepasang individu yang saling sayang namun lebih baik tidak bersatu. that hurts, too. cinta tidak harus memiliki bukan? bukan sekedar kamuflase, bukan sekedar omong kosong. 

cinta itu sederhana. memang, namun kita sendiri yang membuatnya susah. dikecewakan, disakiti. apalagi? hahahaha. jangan diambil serius, kawan. 

and loneliness only wants you back here with me.

mereka yang lama sendiri, adalah mereka yang hanya menginginkan satu orang untuk kembali.

Sunday, January 26

being forgotten is literally suck. apalagi tergantikan?

Thursday, January 2

2014

tahun 2014, pasti banyak hal yang bakal terjadi disini. 

momok pertama, UN, SNMPTN, dan hal hal lain semacam itu. dan malam ini tiba-tiba ada sesuatu yang ganjel. kepikiran kuliah. it is like a big decision for me, soalnya males juga kalo misalnya salah jurusan dan akan menghabiskan empat tahun kuliah dengan setengah hati because it isn't my passion. inginnya ya bisa kuliah di jurusan yang sesuai passion, minat, bakat. 

selama bertahun-tahun aku dijuruskan oleh orang tua ke jurusan x. seiring dengan berjalannya waktu, ya aku sendiri jadi ragu. jurusan x ini cita-cita aku atau cita-cita orang tua, ya? karena ternyata aku memiliki passion lain yang bukan di jurusan x, tapi jurusan y. tapi pernah terbesit aku ingin masuk ke jurusan x, karena ingin membuat orang tua senang dan bangga, tapi apa akunya bakal kuat menghabiskan empat tahun kuliah di jurusan x? 

suatu hari pernah aku minta izin untuk kuliah di jurusan y, karena memang aku suka. yah tapi juga namanya orang tua pasti kekeuh dengan keingininnya, menyekolahkan aku di jurusan x. butuh waktu lama untuk meyakinkan mereka, sehingga pada suatu hari aku sadar kalau minta izin dengan kata-kata itu tidak cukup. aku buktikan kalau aku memang berminat dan bisa di jurusan y. susah payah belajar autodidak, akhirnya direstuin juga walaupun cuma pihak ayah yang memberi restu. udah kayak mau nikah aja ya, haha.

ridho Allah ada pada ridho orang tua, karena itu aku gabisa bener-bener fokus pada satu jurusan kalo belum di'iya'in sama orang tua. toh nanti mereka yang bayar kuliah aku, unless aku udah jadi entrepreneur muda dan biayain kuliah aku sendiri atau aku dapat beasiswa. okay…

good luck for me!